Celoteh Zahra (8) : Ingin Jadi Mamah


Tadi malam, Zahra (4 tahun) diajak bapak pergi belanja ke Almeera. Pulang dari Almeera, bapak cuci piring, lalu membersihkan ikan-ikan yang bapak beli di Almeera untuk kemudian dimasukkan ke dalam freezer di dalam kantung-kantung plastik khusus.

Zahra : "Bapak sedang apa?"
Bapak : "Sedang membersihkan ikan"
Zahra : "Nanti bapak ajari Zahra, ya, cara membersihkan ikan. Kalau Zahra sudah bisa, biar Zahra saja yang nanti membersihkan ikannya..."

Kami orang tua Zahra sangat bahagia dan terselip rasa bangga, bahwa di usianya 4 tahun, Zahra memang senang memperhatikan lingkungan serta senang dengan tugas dan tanggung jawab. Ia senang "membantu" orang tuanya dalam banyak hal, misalnya menyapu, mengepel, membuat orak-arik telur, mengambil beras untuk dimasak, mengupas bawang, memotong sayuran, mencuci piring, memindahkan peralatan makan yang sudah bersih dari dishwasher, mengeluarkan baju-baju bersih dari mesin cuci, menjemur baju-baju tersebut, mengangkat pakaian dari jemuran, melipat pakaian-pakaian tersebut, pura-pura menyetrika, memasukkan mainan dan buku-buku ke tempat semula, dan lain-lain. Tak perlu ditanya bagaimana kualitas hasil kerjanya karena itu tidak penting. Yang terpenting adalah Zahra memiliki keinginan untuk membantu orang tuanya dan menyukai tugas-tugas serta tanggung jawab di usianya yang masih belia. Mamah pernah bertanya, "Zahra kalau sudah besar mau jadi apa? Jadi ibu guru atau jadi dokter?" Zahra menjawab, "Mau jadi mamah..."

What a good beginning. InsyaAllah...


Doha, 21 Jumadil Tsani 1432 H / 25 Mei 2011

Photo : Sung Il-Kim | Corb**