Hubungan antara Diary (blog) dan Daya Ingat

Apa hubungannya antara diary dengan daya ingat? Hubungannya adalah bahwa menulis diary bisa jadi salah satu cara untuk dapat melatih dan mempertahankan ingatan anda (menjadi lebih baik). Menulis diary akan mendorong anda untuk mengingat kembali pengalaman/ kejadian yang (pernah) anda alami, dan ini bagus untuk meningkatkan daya ingat.

Diary sendiri adalah kumpulan catatan atas kejadian yang kita alami sehari-hari. Dulu diary memang sangat diidentikan dengan kaum wanita, namun saat ini diary sudah bukan lagi milik kaum wanita, karena nyatanya manfaat diary itu banyak, termasuk dalam membantu melatih ingatan (konon Prof BJ Habibie termasuk salah seorang yang tidak pernah ketinggalan menulis diary, lho...).

Diary saat ini tidak hanya ditulis dengan tujuan pribadi, misalnya untuk menggambarkan perasaan-perasaan penulisnya sehari-hari. Diary di jaman sekarang ini sudah menjelma menjadi media yangsangat interaktif antara penulis dan pembacanya. Yang ditulis dalam diary (atau yang di dunia maya lebih populer dengan sebutan "blog"), tidak lagihanya bersifat pribadi. Karena ada begitu banyak tema di luar kehidupan pribadiyang bisa dijadikan bahan penulisan (btw, manemonik.com ini juga merupakan blog, lho..)

Jika dulu diary adalah suatu yang private dimana penulis tidak mau seorang pun melihatnya, maka saat ini "image" diary sudah sangat jauh berubah.diary berbentuk blog ini sudah banyak digunakan untuk membicarakan bermacam-macam tema di sekitar kita. Bahkan mungkin sudah sangat jauh berbeda dengan konsep awal dari diary.

Konsep awal dari blog sebetulnya diambil dari konsep diary. Dimana dalam blog tersebut seseorang bisa mencurahkan dan mengekspresikan pengalaman, pengetahuan, dan informasi yang diperolehnya untuk dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Jika dulu diary digunakan hanya untuk kepentingan pribadi penulisnya dan tidak dimaksudkan untuk diperlihatkan, maka sekarang diary berbentuk blog ini justru banyak dibuat dengan tujuan agar masyarakat/ orang banyak dapat ikut membaca/melihatnya (jika penulis menginginkannya). Para pembaca dari blog bahkan bisa memberikan komentar dan berinteraksi dengan penulis blog. Tentu saja media ini menjadi media yang menarik, bukan?

Anda kenal Raditya Dika? seorang blogger yang blognya pernah memenangkan best indonesian blog award sekitar tahun 2003? Didalam blognya, ia juga menceritakan tentang pengalaman pribadinya (belum diketahui apakah ia menulis blog dalam rangka meningkatkan daya ingat atau tidak-yang jelas tulisannya termasuk sukses). Hanya saja pada blognya tersebut,bahasanya ditulis dengan gaya bahasa yang unikdan menggelitik (tentu saja ini akan sedikit berbeda dengan gaya penulisan untuk meningkatkan daya ingat). Apapun itu yang pasti beragam keuntungan sudah menanti si penulis di atas.

Nah, sekarang jika anda tahu bahwa ada sederet keuntungan dalam menulis (diary), dimana kegiatan ini bisa membantu anda dalam memperbaiki daya ingat, mengapa anda tidak mulai mencobanya ? Anda mungkin salah seorang yang tidak peduli dengan keuntungan yang mungkin bisa diperoleh oleh seorang penulis. Namun, mungkin anda salah seorang yang bermasalah dengan daya ingat dan sangat tertarik untuk melatih daya ingat. Kalau anda hanya tertarik dengan bagaimana melatih daya ingat, anda bisa memulai menulis, entah lewat blog atau media konvensional seperti buku.

Yang perlu diingat yaitu bahwa bahasa dan gaya penulisan untuk melatih ingatan mungkin akan sedikit jauh berbeda dengan penulisan diary pada umumnya. Yang terpenting anda harus membuat kegiatan (menulis) ini menjadi semenarik mungkin. Ceritakanlah tentang yang anda alami selama seharian ini, dengan tetap memperhatikan detil dari pengalaman-pengalaman anda tersebut. Artikel sebelumnya pernah membahas tentang hal ini (klik disini jika ingin membacanya).

Jika anda bisa disiplin untuk melakukannya, mungkin nanti anda akan terkejut bahwa ternyata ada begitu banyak hal yang dapat anda ingat dengan baik.

Selamat ngeblog (menulis diary) untuk daya ingat yang lebih baik....

Sumber : sunnihomeschooling@yahoogroups.com