Zahra Belajar Sholat (1)

Jika beberapa waktu yang lalu Zahra belajar bewudhu, kali ini Zahra belajar tata cara sholat. Sebenarnya yang dimaksud belajar di sini bukan diperintah atau diberi tahu ini-itu wudhu dan sholat, tapi Zahra melihat, memperhatikan, dan meniru apa yang dia lihat.

Di usianya yang belum genap 2 tahun, Zahra sudah bisa menangkap konsep (maaf bahasa awam) sholat , yaitu kegiatan ibadah yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Biasanya seiring terdengarnya adzan apakah itu adzan dari masjid, TV, komputer, atau jam dinding, Zahra lalu mengatakan "showa (alias 'sholat') atau "adzan" atau "Allahu akbar" (tentunya dengan pelafalan anak yang baru belajar bicara) kemudian berdiri tegak dan mengangkat kedua tangan sambil mengucap "Allahu akbar", kemudian komat-kamit, setelah itu rukuk, kadang dengan itidal, lalu sujud (bisa satu kali atau dua kali), kemudian menolehkan kepala ke kanan dan kiri. Bagi Zahra, tidak penting sholat itu menghadap kemana dan berapa rakaat. Yang jelas, Zahra akan mengawali dengan takbir dan mengakhiri dengan salam. Bisa jadi salam pun dilakukan dalam keadaan berdiri. Pada umumnya, sholat yang Zahra lakukan berjumlah 1 rakaat saja.

Belakangan, Zahra cenderung "berimam", menunggu gerakan sholat mamanya kemudian mengikuti setelahnya.

Pada usia ini barangkali cukuplah ia memperhatikan dan melakukan seperti itu. Kelak apabila Zahra berumur 7 tahun, maka wajiblah bagi kami kedua orang tuanya mengajari tata cara sholat dengan benar....

11 April 2009
-Ummu Zahra-